Permanas

dan jika kebebasan adalah kata-kata yang tak terantai, maka ia tak perlu dipasung

Tidak ada yang baru dalam hal apa pun

Posted by permanas pada 16 Februari 2008

Hahaha…, apa sih sesuatu yang baru sekarang ini. 99% ide yang tercipta merupakan hasil olahan barang lama. Coba tunjukan satu saja sesuatu yang benar-benar orisinil. Pemikir mana yang memikirkan sesuatu dari hal baru. Semua barang lama akan tetap barang lama, hanya sudut pandangnya (mungkin dengan konsep yang sedikit berbeda) sajalah yang mengidentifikasikan bahwa sesuatu yang dihasilkannya adalah sebuah ‘barang baru.’ Atau ada yang mengatakan teori daur ulang.

Barang lama <–> Barang baru

Semua yang terjadi di dunia adalah merupakan hasil pengulangan dengan cara yang berbeda atau dengan bentuk yang baru berdasarkan ide lama. Mungkin juga. Lalu apakah pakaian yang kita pakai merupakan produk baru atau hasil pemikiran kaum primitif yang sejatinya belum mengenal apa-apa selain lingkup lingkungan, kelompok, dan dirinya sendiri. Saya berkata bukan untuk didiskusikan, sekedar berkelakar. Jangan-jangan justru kaum-kaum primitif-lah sejatinya bapak pemikir, bapak pembangunan dunia. Karena sejak awal justru mereka semua adalah penemu konsep-konsep yang sekarang sudah melesat jauh dari pikiran awalnya, bahkan dari zaman awal mulanya sebuah ide itu tercetus. Mungkin saja ide seseorang jaman dulu yang ingin terbang tidak pernah dapat membayangkan sebuah pesawat terbang, tapi idenya untuk mengendarai angin dan konsep awalnya tentulah sudah lahir dalam benak diri seorang penghayal yang ingin mengendarai angin, atau berkelakar mau menunggangi seekor burung purba. Yang ingin saya katakan bahwa idenya sudah lahir, sudah tersedia, tinggal konsep dan pemaparannya saja yang nantinya akan diteruskan kepada generasi-generasi selanjutnya tergantung teknologi yang berkembang pada suatu bangsa, apakah sudah mengalami kemajuan atau masih dalam wilayah dongeng-dongeng semata bahwa hal itu masih muskil untuk dilakukan. Kecuali oleh orang-orang yang berkata bahwa itu bisa saja dilakukan. Tergantung seberapa berani seseorang atau bangsa itu ingin mewujudkan ide gila tersebut.

Memangnya kenapa kalau di dunia ini sudah tidak ada lagi hal baru? Setidaknya generasi-generasi mendatang pasti akan terus mengembangkan ide-ide lama menjadi baru. Kabarnya sih, supaya tidak bosan saja, atau ingin menjadi seorang eksplorer dalam segala bidang pengetahuan, siapa tahu. Bahwa ide alat transporter tiba-tiba menggemparkan dunia dengan mengirimkan dinosaurus ke alam sekarang dengan mesin waktu yang baru saja tercipta. Ide besar memang terkadang disepelekan, bahkan munculnya tidak terduga. Bisa saja ketika kita sedang (maaf) buang hajat. Atau ketika saya sedang menatap wajah Anda yang katakanlah, abstrak, lalu saya terinspirasi untuk membuat sebuah model kapal selam berdasarkan anatomi wajah anda. Wajar-wajar saja menurut saya. Yang pentingkan jangan ragu untuk mengemukakan suatu gagasan, betapa pun gilanya ide yang kita terapkan. Hasilnya sebuah kapal selam yang benar-benar menyerupai wajah anda tapi dengan fungsi yang jauh lebih bermanfaat ketimbang wajah anda yang hanya digunakan secara monoton. Apa yang anda lakukan dengan wajah anda sehari-hari?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: