Permanas

dan jika kebebasan adalah kata-kata yang tak terantai, maka ia tak perlu dipasung

Pulang…..

Posted by permanas pada 21 Agustus 2008

Ketika kau melesat jauh melintasi sebagian kubah bumi, tantangan demi tantangan kau kalahkan, kau semakin jauh saja dari tempat pertama kali kau melesat. Apa kau seperti yang dikatakan Gibran kepada dunia, anak panah yang lepas dari busurnya. Seperti kau tahu, anak panah tidak akan pernah kembali setelah melesat dari busurnya. Ia mengarungi nasibnya sendirian.

Menungan itu… membawaku kepada kesadaran. Saat kau pergi, kau pasti akan kembali. Aku akan kembali pulang, aku akan kembali pulang. Elang yang mengarungi cakrawala pun pasti akan kembali juga ke sarangnya. Pulang… Pulang mengingatkanku kepada suatu ritual sakral yang hanya dilakukan ketika ia benar-benar dibutuhkan untuk menyiram jiwa yang kesakitan, mantra yang memanggil!

Dan aku pun mencari jejak yang kutinggalkan di masa lalu!

Pagar itu menyambut dingin waktu aku menghampiri, mungkin terlalu terluka karena hampir sekian tahun tidak menyapa, jalan kecil yang mengantarku ke beranda pun terlalu tua untuk menuntunku, sejak kecil jalan itu yang menunjukkanku kepada sebuah beranda di mana tangan terkembang milik ibuku menunggu. Dan, ah, pintu itu…. kelapukan tubuhnya menyiratkan cerita panjang yang lama tidak kudengar. Untuk mengetuknya, aku terlalu takut. Ia akan luluh atau menghujamku dengan ribuan kata-kata yang tersimpan dalam jam dinding yang berada di ruang tengah, ruang itu milik keluarga, tempat tawa dan tangis saling bergantian mencatatkan peristiwanya, ia saksi, ia juga sejarah rumah kami.

Dan sekarang, aku kembali mengisi kekosongan tersebut. Aku kembali, tapi tidak akan pernah sama saat aku meninggalkannya sendirian. Tapi akhirnya, aku kembali pulang, tidak dengan anak panah itu. Ia mengarungi nasibnya sendirian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: